11 February 2004

listrik PLN dicabut

kemarin orang rumah ngasih kabar petugas PLN datang memberitahu tagihan listrik 4 bulan dan karenanya listrik akan dimatikan. saya bilang ok saja, nanti toh kalau segera bayar akan menyala kembali. tetapi enggak begitu jalan ceritanya.

ternyata, listrik dimatikan dengan mengangkut seluruh meteran listriknya. dan jika mau listrik tersambung kembali, kita akan diperlakukan layaknya pelanggan baru, duhhhh...... kacau

terpaksalah, datang ke kantor PLN, tanya petugas di situ bagaimana caranya menghidupkan kembali listrik itu, tanpa harus mendaftar sebagai pelanggan baru, petugas perempuan itu cuma bilang, lunasi dulu, habis itu naik ke lantai dua..

di lantai dua, langsung ditanya mau apa, lalu setelah dijelaskan, mereka minta bukti pelunasan tagihan terhutang, semenit berikutnya, mereka bilang harus menghadapa Bapak A (tak usah pakai nama lah).

di mejanya pak A ini, langsung dituding "bersalah" tanpa ba-bi-bu, Bapak A tidak menerima alasan apapun. dan ternyata mengaku salah lebih baik daripada berargumen. mereka punya kuasa. lebih baik tak usah mendebat dengan orang-orang seperti ini, jadinya sakit hati dan buang-buang waktu... pokoknya ya, ya dan ya.... karena begini, dia jadi agak sopan, lalu dia minta bayar 121,000 untuk administrasi dan bilang sambungan listrik akan terpasang kembali sore nanti setelah pukul 4. tunggu punya tunggu, sampai siang keesokan harinya, belum tersambung..

karena jengkel, paginya saya telepon menanyakan kapan akan disambung kembali dan tak ada satu orang pun di kantor PLN itu yang sanggup menentukan waktu yang tepat kapan sambungan listrik itu akan dipasang. saya mengambil kesimpulan, ini akan terserah mereka....

dalam hati, jika sampai sore nanti belum terpasang, saya akan cari orang untuk membantu menyambungkannya lagi, habis tersiksa sekali tak ada listrik, tidak mandi seharian karena pompa air tak bisa nyala...

tapi untuk sekedar informasi, dulu saya pernah menunggak juga, 3 bulan, tetapi saya diberi surat peringatan, dan begitu saya bayar, tak ada masalah. dalam kasus ini, tak ada surat peringatan di bulan ketiga, bulan keempat langsung cabut.

saya pikir petugas PLN dengan kecepatan luar biasa akan mencabut sambungan listrik pelanggannya yang nunggak, tetapi akan sangat terlambat sekali menyambungkannya. sepertinya mereka sengaja menghukum kita, "makanya bayar, tahu rasa situ, enggak ada listrik!" menghukum pelanggan sepertinya jadi filosofi layanan pelanggan, jadi PLN itu bukan perusahaan jasa, tetapi perusahaan yang mungkin punya moto, "Pelanggan tersiksa, PLN tersenyum"

coba, ada listrik swasta, pasti tak akan begitu. mungkin akan jadi seperti perusahaan telepon, kita telat bayar, maka kita tak bisa telpon keluar, hanya menerima saja, tetapi begitu dilunasi, beres. sayangnya, listrik dimonopoli negara ya.. jadi kita tak bisa apa-apa.

coba ada yang menemukan sumber listrik baru seperti Keanu Reeves di film "Chain Reaction"

No comments: