10 December 2005

Mengulang

Dalam berbagai cerita serial Hercule Poirot, Agatha Christie menuliskan bahwa ada beberapa orang yang suka mengulang cerita pengalamannya, bukan sekali saja, tetapi berkali-kali. Dan ternyata saya merasakannya juga. Ada orang yang setiap kali ketemu bercerita hal yang sama. Orang segolongan ini biasanya berusia lanjut yang mengkisahkan pengalaman masa mudanya dulu.

Tapi ada juga orang muda yang sering mengulang cerita yang sama. Orang itu saya!

Menyadari ini saya jadi semakin tahu kalau ternyata orang memang sangat susah berkembang, membuka diri pada hal-hal yang baru. Orang hanya akan mendengar apa yang ingin dia dengar, melihat apa yang ingin dia lihat dan mengatakan apa yang ingin dia katakan saja.

Kendati saya mencoba membaca bagaimana mengatasi mobil mogok, saya tidak pernah bisa mengingat dengan baik. Tapi kalau itu masalah rumah, saya ingat.

Seorang kawan pencinta musik, kalau dia bicara dampak ikutan dari harga kenaikan harga BBM, dia akan kelihatan enggan setengah mati dan omongannya jadi tidak bermutu.

Saya menyimpulkan bahwa life circle kemampuan diri menyerap informasi dari luar sebenarnya sangat pendek. Mungkin sampai usia di bawah 20 tahun. Jadi informasi yang dikumpulkan selama 20 tahun akan dia ulang hingga dia mati. Jika usianya mencapai 40 tahun, dia mengulang satu kali; jika usianya 60 tahun, dia mengulang dua kali.

Lalu apa yang membuatnya hidup hingga selama itu jika ternyata seluruh hidupnya adalah pengulangan?

Saya tak tahu jawabannya.

1 comment:

Anonymous said...

I tottaly disagree, about the 20 years repetition! Though i do realize that it's hard to be an open minded person. Tapi, I also learn to be open to a lot of things. Perhaps not everything, but a lot is quite ok, i guess..
I personally learnt a lot (more) of new things in the age of 18 & 22! I remember , after those ages I was becoming this almost new personality. Not a lot of changes, physically, but a lot more in the state of mind.
It was so amazing, and it felt really great to be able to be open to a lot of new things.
It was as if i am a newborn baby..

If you want to know how to do it, have a look inside of yourself, find out what's your biggest interest in life or maybe what it is that you actually want in your life, whether you've achieved it or not, that's not an issue. But try to go there, and see how it will change everything in you!

Trust me, it'd make you feel good about yourself and change a lot within you. Age would mean nothing, at all.